Menghitung jumlah produksi mesin cup sealer yang sebenarnya

animasi counter industri

Menarik sekali untuk belajar bagaimana caranya berhitung pada mesin cup sealer.
Hampir setiap brosur mesin selalu ada menyebutkan berapa kapasitas produksi yang dihasilkan.Dan umumnya, karena tujuan brosur adalah untuk menarik perhatian dan merupakan alat penjualan, seringkali penulisannya ditambahkan sekitar 20% dari real di lapangan nantinya.
Mengapa harus menambah 20% ? Karena biasanya sejak jaman dahulu kala, setiap manajemen industri akan mengartikan bahwa setiap kapasitas ataupun angka apapun di dalam brosur akan dikurangi 20%.Jadi penulis brosur akan menambah 20% karena perhitungan dari manajemen pembeli akan mengurangi 20%.

Tapi di artikel kali ini, kita tidak akan melihat apa yang ditulis oleh brosur.Tetapi kita akan melihat bagaimana real-nya angka hasil perhitungan di lapangan.

Benarkah bila di brosur ditulis 5000 gelas per jam, akan diperoleh real 4000 gelas per jam ? atau justru hanya 3800 gelas per jam ?
Bagaimana perhitungannya pada mesin cup sealer ?

Cara gampangnya begini :
Konsentrasi kita arahkan di satu bagian saja.Bisa dibagian pengisian saja, atau di bagian turunnya cup.
Misalnya kita ambil di bagian pengisian
Lihat jarum detik pada jam, dan tepat pada angka 12, mulai perhitungannya ….. 1,2,3,4,5,6,7,8,9,dst
Sampai jarum detik berputar 360 derajat dan tepat kembali di angka 12 …. berapa hitungan pengisian yang diperoleh ??
Katakanlah 18 kali pengisian
Kalau mesin yang dipakai adalah mesin cup sealer 4 line …. berarti untuk menghitung jumlah cup yang dihasilkan per menit adalah 18×4 = 72 cup (per menit)
Per jam-nya tinggal 72 cup dikalikan dengan 60 menit
72 x 60 = 4.320 cup per jam

Artinya dalam 1 jam kita akan memperoleh real hasil produksi sebanyak 4.320 gelas.Sekalipun biasanya di brosur cup sealer 4 line seringkali tertulis 5.000 gelas per jam.

Teori Pareto 80:20 berlaku disini