Komponen yang Mudah dan Murah – Kunci Sukses Mesin Cup Sealer merek Carmel di Indonesia

MESIN CUP SEALER MEREK CARMEL SUKSES DI INDONESIA, APA RAHASIANYA ?

Tidak mudah memahami pasar Mesin industri di Indonesia, khususnya bagi orang awam atau calon pembeli mesin yang buta informasi.

Bagaimana sebuah industri mesin bekerja dan bermain dalam perang harga, tidak terkecuali dalam perdagangan mesin cup sealer.

Cup Sealer buatan Jepang dan Jerman ?? Ngawur ahh …

Sudah sering kita dengar berbagai penawaran mesin cup sealer yang penjualnya mengatakan mesinnya adalah buatan Jepang atau Jerman.Yang memang kedua negara ini adalah kiblat teknologi dunia sebelum China berkembang seperti sekarang.
Padahal tidak ada mesin cup sealer buatan Jepang atau Jerman.Minuman dalam kemasan cup hanya dikenal di Indonesia, China, Thailand, dan Filipina.Untuk apa Jepang dan Jerman membuat mesin cup sealer ?????? aneh kan ?

Industri minuman dalam kemasan cup di Thailand dan Filipina seluruhnya menggunakan mesin cup sealer buatan China.Di Thailand ada perakitan mesin cup sealer kecil-kecilan seperti di Indonesia.Hanya tetap kalah dengan buatan China karena di China adalah industri mesin massal berkapasitas besar.

Masih malu-malu kucing dan tidak jujur untuk mangakui bahwa mesinnya adalah buatan China.

Termasuk perakit mesin lokal yang seringkali membanggakan mesin rakitannya dengan kata-kata ‘buatan lokal’ yang berharap bisa menarik minat calon pembeli untuk memilih mesinnya.
Padahal yang dilakukannya adalah merakit komponen-komponen buatan China yang sebenarnya setali tiga uang dengan mesin yang impor China.Malah jadi lebih mahal karena beli komponen dari importir spare part dan bahan logam di lokal.

Kekuatiran akan mesin rakitannya ditiru oleh orang lain, perakit mesin lokal sering memproteksi mesin rakitannya dengan cara mencoret atau menghapus nomor dan kode komponen.Sehingga nantinya kalau ada kerusakan mesin, pengguna mesinnya harus menghubungi dia lagi untuk membeli spare part.
Ada ketergantungan jangka panjang antara pengguna mesin dan pembuatnya.

Mesin cup sealer buatan China umumnya yang ada di pasaran sama saja.Sebagian besar menggunakan komponen yang asli China dan tidak ada di Indonesia.

Inilah problematika lingkaran setan yang sekian tahun dihadapi oleh pengguna mesin cup sealer di Indonesia.
Sehingga tak jarang kisah-kisah horor dibalik penggunaan meisn cup sealer menjadi kisah pilu bagi para pengusaha minuman yang bahkan beberapa usahanya terpaksa gulung tikar karena tidak bisa memenuhi kontrak perjanjian dengan pembelinya akibat mesin sering bermasalah.

Masalah mesin tidak dapat segera ditangani karena teknisinya tidak ada, tidak mampu, atau komponennya tidak ditemukan penggantinya di pasaran.

Lebih horor lagi yang dibuat tergantung oleh penjual mesinnya sehingga harga spare part selangitpun harus dibeli supaya mesinnya tetap bisa beroperasi dan produksi tetap lancar.

mesin cup sealer 16 line

Berbeda jauh dengan cerita pengguna mesin cup sealer merek Carmel.

Bahkan di saat artikel ini dibuat (25 Juli 2020), ada salah satu pengguna yang membeli mesin di tahun 2006 silam mesin cup sealer merek Carmel yang digunakannya masih beroperasi dengan baik.

Bukan karena mesin cup sealer merek Carmel tidak pernah bermasalah.Tetapi lebih ke pada waktu bermasalah, bagaimana mudahnya mesin diatasi dengan cepat dan segera dapat digunakan kembali.

Hampir semua pengguna mesin cup sealer merek Carmel membeli komponen pengganti dengan mudah di toko-toko alat teknik, listrik, elektronika.Bahkan seringkali membeli melalui online seperti di Tokopedia, shopee, dll.

Beberapa pengguna mesin cup sealer kami bahkan mereferensikan kepada temannya yang hendak membeli mesin cup sealer dengan kata-kata ‘pakai merek Carmel aja.Aku kalau beli komponen semuanya di online market.Ada semua’.

Mudahnya memperoleh komponen pengganti dengan harga yang tidak dipermainkan karena beli dari toko komponen langsung menjadi ciri khas Mesin Cup Sealer merek Carmel yang sudah dikenal luas dan tidak terdapat pada mesin cup sealer merek lainnya.

Mengapa sampai ini menjadi exclusive hanya pada mesin merek Carmel saja ?

Perubahan komponen mesin dari komponen aslinya ke komponen umum memerlukan sebuah proses development yang panjang.
Manajemen merek Carmel melakukan develop dan melalui proses sekitar 2 tahun.Tidak serta merta langsung jadi.

Awalnya kami juga seperti yang lain.Menjual unit mesin dan tidak mampu memikirkan jangka panjang penggunaan mesin oleh pembelinya.

Namun kami memiliki divisi pengembangan yang bertugas melakukan penelitian untuk berbagai komponen mesin yang kami jual.
Divisi ini bekerja melalukan riset dan tes terhadap komponen dan mempersiapkan penggantinya.Melakukan cek apakah komponen tersebut tersedia di seluruh Indonesia ? Seandainya tidak tersedia, bagaimana teknisi kami sebagai ujung tombak pelayanan pelanggan harus bekerja mengatasinya ?

Semua sudah terangkum dalam sebuah SOP kerja yang kami pastikan Tidak Ditemukan di mesin cup sealer merek lain.

Karena tidak semua perdagangan mesin mau sekaligus mampu melakukan proses riset dan pengembangan seperti ini.

MESIN CUP SEALER MEREK CARMEL – Primadona Pengusaha Minuman di Indonesia

Dengan dikenal karena menggunakan komponen yang umum dan mudah diperoleh di pasaran inilah, mesin cup sealer merek Carmel menjadi primadona banyak pengusaha minuman dalam kemasan gelas.

Kamipun banyak menjual mesin dari hubungan internal customer yang menyebarkan getok tular kepada kawannya atau komunitasnya. Sehingga dalam waktu singkat mesin kami seringkali sudah habis dipesan dan stock sering kosong.

Bahkan unit mesin yang masih dalam perjalanan dari China ke Indonesia sudah habis sebelum turun di workshop kami di Malang.
Beberapa calon pembeli rela menunggu kedatangan berikutnya atau indent.

Ingin menanyakan stock ? Call/Chat WA : 081252160260 atau langsung klik tombol dibawah ini