Mengenal Pneumatic pada sistem kerja mesin cup sealer

Pneumatic berasal dari bahasa Yunani pneuma yang artinya udara atau angin.
Semua sistem kerja mesin yang menggunakan tenaga yang disimpan dalam bentuk udara termampat untuk menghasilkan suatu kerja disebut sebagai Sistem Pneumatik

Dalam penerapan untuk kebutuhan sehari-hari, sistem pneumatic banyak digunakan sebagai otomatisasi pada industri mulai dari penyusunan, pencengkraman, pencetakan, pengaturan arah benda kerja, pemindahan, penyortiran, sampai pada pengepakan barang

Sistem kerja pneumatik mirip dengan sistem kontrol listrik.Jika sumber energi sistem kontrol listrik barasal dari sumber listrik seperti PLN atau generator listrik, maka sistem pneumatic menggunakan udara bertekanan sebagai sumber energinya.Udara bertekanan ini dihasilkan oleh alat/mesin yang kita kenal dengan nama Air Compressor.

Gambar terkait

Pada mesin cup sealer, pengggunaan sistem pneumatic digunakan untuk meringankan beban kerja motor dan komponen elektrikal yang terhubung dengan motor.
Kami sering mengilustrasikan mesin cup sealer jenis mekanik atau tanpa pneumatic seperti seorang karyawan yang diminta berjalan kaki selama 8 jam sambil memikul dan membawa sekarung batu coral, puluhan tumpukan kardus, beberapa lonjor kayu, serta menenteng tas berisi potongan besi bekas.
Tidak perlu menunggu 8 jam, dalam waktu kurang dari 2 jam karyawan tersebut pasti sudah kelelahan dan menurun kinerjanya.Lalu dalam waktu 4 jam sudah akan jatuh.
Inilah yang terjadi pada mesin cup sealer mekanik atau mesin cup sealer tanpa sistem pneumatic.

Lalu bagaimana pada sistem pneumatic ? Kerja motor cukup ringan …
Pada mesin cup sealer 2 line merek Carmel, sistem penuamtic terpasang pada bagian cup feeder, cup filling valve, cup filling pressure, dan lidcup handling.Sehingga kerja motor hanya untuk menggerakkan konveyor mold cup, proses sealing, pencetakan tanggal kadaluwarsa, dan roll lid (penggulung sisa potong lidcup)
Pada mesin cup sealer 4 line, mesin cup sealer 8 line, dan 16 line merek Carmel … menggunakan sistem kerja pneumatic pada full working process.Kerja motor dan sistem kelistrikan yang terhubung dengan motor sangat ringan, hanya sebagai penggerak konveyor mold cup saja.Sedangkans emua kerja yang lain mulai awal cup kosong hingga akhir cup siap dikemas dalam kardus …. Full menggunakan sistem kerja pneumatic.

Teknologi inilah yang membuat mesin cup sealer merek Carmel terbukti memiliki life time kerja yang stabil dalam jangka waktu yang panjang.
Tidak terjadi penurunan kinerja setelah 4 jam digunakan, atau 3 jam, atau 6 jam, dst.

 

Informasi Detail :
Call / Chat WhatsApp : 081252160260

error: Content is protected !!