Sealer Bocor pada mesin cup sealer … apa sebabnya ?

Sealer Bocor pada mesin cup sealer, apa sebabnya ?

mesin cup sealer 4 line

Permasalahan paling sering yang dialami oleh pengguna mesin cup sealer adalah seal bocor.Yaitu hasil sealer tutup cup mengalami kebocoran.
Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab seal bocor.

1. Laminasi plastik yang kurang baik

Lidcup atau plastik tutup gelas adalah jenis plastik laminasi yang dikerjakan oleh percetakan Rohtogravure.
Plastik ini terdiri dari beberapa lapisan, yang umumnya memiliki formula OPP/CPP+PET+LDPE
LDPE inilah yang berfungsi sebagai perekat atau lem yang karena pemanasan oleh heater mesin, lapisan LDPE ini akan mencair dan menyatu dengan bibir cup.
Ada 2 proses pembuatan yang umum dalam pelaminasian LDPE ini di sebuah percetakan Rohtogravure.
Yang pertama dengan dicairkan lalu disiramkan ke lapisan PET.
Yang kedua dengan menggunakan LDPE dalam bentuk sheet lalu direkatkan dengan bagian PET.
Nahhh, cara yang kedua inilah yang memiliki tingkat kegalalan yang lumayan tinggi.
Umumnya di sebuah percetakan Rohtogravure yang bisa memberikan harga cetak yang tidak wajar alias jauh lebih murah daripada yang normal, salah satu permainannya adalah memberikan lapisan LDPE ini dengan ketebalan yang tidak standard.
Permasalahan lainnya terjadi ketika harga murah ini berimbas pada stock sheet LDPE yang terlalu lama dan sudah bereaksi kimiawi dengan udara, dimana sebenarnya tak kasat mata lapisan LDPE ini sudah tidak lagi memiliki daya rekat yang baik.

2. Heater mesin yang tidak berfungsi.

Yahh, heaternya tidak berfungsi, bagaimana bisa menempelkan plastik ke gelas ??

3. Peer sudah mati

Gerakan naik turunnya batangan heater, selain karena adanya bantuan beberapa komponen lainnya, tidak bisa dilupakan peranan dari komponen peer.
Pada mesin cup sealer, di bagian atas batangan heater terdapat beberapa peer.Dan dalam jangka waktu tertentu (tergantung kualitas peer).
Peer ini akan kehilangan daya pegas yang dimilikinya.Pada saat peer tidak lagi memiliki daya pegas inilah, umumnya seal di bagian tertentu bocor.
Permasalahan kebocoran seal karena peer ini adalah yang paling mudah dikenali.Biasanya letak bocornya berada di satu titik tertentu saja.
Ambil contoh pada mesin cup sealer 4 line, yang selalu bocor adalah cup di line ke-2 saja, dan letak bocornya di bagian kiri cup.Kejadian yang bisa disimpulkan seperti ini, bisa dipastikan penyebab kebocoran adalah peer di atas batangan heater line ke-2 yang sudah kehilangan daya pegasnya.

4. Batang heater tertutup kerak.

Apapun alasannya, proses pemanasan seperti kerja heater akan menimbulkan lapisan kerak pada beberapa bagian batangan heater.Ketika batangan heater tertutup oleh kerak inilah, seal bocor juga bisa terjadi.

 

Inilah penyebab permasalahan seal bocor yang paling umum dan paling sering terjadi.Tanpa mengabaikan adanya kemungkinan permasalahan lainnya.